Monday, May 6, 2013

Terorisme dan Hak Istimewa: Memahami Kekuatan Kaum Kulit Putih



Syabab.Com - Saat negara menangisi korban bom yang mengerikan di Boston kemarin, seseorang bisa mencari pelajaran di tengah pembantaian itu, dan hanya menemukan sedikit. Kekerasan yang tidak dapat diterima itu tentu saja berdiri sebagai suatu hal. Bahwa kebencian – atas kemanusiaan, kehidupan, atau apapun yang mungkin telah memotivasi para bomber atau pelaku bom itu – tidak pernah menjadi sumber tindakan manusia yang konstruktif.
Tapi saya berani mengatakan ada lebih dari itu, suatu pelajaran yang kurang jelas dan jauh lebih tidak nyaman, yang banyak orang benci untuk ambil pelajaran, namun kejadian seperti ini membuatnya mudah terlihat, dan apa yang kita harus akui, tidak peduli  betapa menyakitkannya hal itu.
Ini adalah sutau pelajaran tentang ras, tentang orang kulit putih, dan secara khusus, tentang hak-hal istimewa orang kulit putih.
Saya tahu anda tidak ingin mendengarnya. Tapi saya tidak begitu peduli. Jadi begini masalahnya.
Hak-hal istimewa kaum kulit putih mengetahui bahwa bahkan jika pembom Boston Marathon ternyata seorang kulit putih, identitas dirinya tidak akan berakibat pada kelompok kulit putih yang umumnya dipilih untuk dicurigai oleh para penegak hukum, atau TSA, atau FBI.
Hak-hak istimewa kaum kulit putih memahami bahwa bahkan jika bomber itu ternyata adalah orang kulit putih, tidak akan ada orang kulit putih yang akan diprofilkan sebagai teroris sehingga akibatnya, mengalami screening secara khusus, atau terancam dideportasi.
Hak-hak istimewa kulit putih memahami bahwa jika bomber itu ternyata adalah orang kulit putih, dia akan dianggap sebagai pengecualian terhadap undang-undang untuk yang bukan kulit putih, melakukan penyimpangan, anomali, dan bahwa dia akan dapat dikelompokkan dengan jajaran orang-orang kulit putih yang terlibat dalam (atau telah membuat plot) melakukan kekerasan bermotif politik yang dimaksudkan untuk meneror – dan khususnya untuk membunuh – namun tindakannya tidak mengakibatkan asumsi apa-apa tentang orang kulit putih pada umumnya, atau orang Kristen kulit putih pada khususnya.
Di antara orang-orang kulit putih itu adalah: Tim McVeigh dan Terry Nichols dan Ted Kaczynski dan Eric Rudolph dan Joe Stack dan George Metesky dan Byron De La Beckwith dan Bobby Frank Cherry dan Thomas Blanton dan Herman Frank Cash dan Robert Chambliss dan James von Brunn dan Lawrence Michael Lombardi dan Robert Mathews dan David Lane dan Chevie Kehoe dan Michael F. Griffin dan Paul Hill dan John Salvi dan Justin Carl Moose dan Bruce dan Yosua Turnidge dan James Kopp dan Lukas Helder dan James David Adkisson dan Scott Roeder dan Shelley Shannon dan Dennis Mahon dan Wade Michael Page dan Jeffery Harbin dan Byron Williams dan Charles Ray Polk dan Willie Ray Lampley dan Cecilia Lampley dan John Baird Dare dan Joseph Martin Bailie dan Ray Hamblin dan Robert Edward Starr III dan William James McCranie Jr dan John Pitner dan Charles Barbee dan Robert Berry dan Jay Merrell dan Brendon Blasz dan Carl Jay Waskom Jr dan Shawn dan Catherine Adams dan Edward Taylor Jr dan Todd Vanbiber dan William Robert Goehler dan James Cleaver dan Jack Dowell dan Bradley Playford Glover dan Ken Carter dan Randy Graham dan Bradford Metcalf dan Chris Scott Gilliam dan Gary Matson dan Winfield Mowder dan Buford Galur dan Benyamin Smith dan Donald Rudolph dan Kevin Ray Patterson dan Charles Dennis Kiles dan Donald Beauregard dan Troy Diver dan Mark Wayne McCool dan Leo Felton dan Erica Chase dan Clayton Lee Wagner dan Michael Edward Smith dan David Burgert dan Robert Barefoot Jr dan Sean Gillespie dan Ivan Duane Braden dan Kevin Harpham dan William Krar dan Judith Bruey dan Edward Feltus dan Raymond Kirk Dillard dan Adam Lynn Cunningham dan Bonnell Hughes dan Randall Garrett Cole dan James Ray McElroy dan Michael Gorbey dan Daniel Cowart dan Paul Schlesselman dan Frederick Thomas dan Paul Ross Evans dan Matt Goldsby dan Jimmy Simmons dan Kathy Simmons dan Kaye Wiggins dan Patricia Hughes dan Jeremy Dunahoe dan David McMenemy dan Bobby Joe Rogers dan Francis Grady dan Cody Seth Crawford dan Ralph Lang dan Demetrius Van Crocker dan Floyd Raymond Looker dan Derek Mathew Shrout dan Randolph Linn.
Anda tahu, itu hanyalah sebagian nama.
Dan hak istimewa kaum kulit putih mampu memahami apa-apa tentang kejahatan yang dilakukan oleh sebagian besar teroris yang tercantum di atas – memang, tidak pernah begitu banyak terdengar sebagian besar nama-nama mereka – apalagi untuk berasumsi tentang peran bahwa identitas ras atau etnis mereka mungkin bermain dalam kejahatan mereka.
Keistimewaan kelompok kulit putih memahami bahwa jika bomber Boston ternyata adalah orang kulir putih, kita tidak akan diminta untuk mencela dia, atau untuk membuktikan kesetiaan kita sendiri atas kebaikan nasional bagi umum. Dipahami bahwa jika di saat berikutnya polisi melihat salah seorang dari kami berdiri di trotoar dengan bersorak pada pelari maraton, polisi tidak akan mengatakan apa-apa kepada kita.
Hak-hak kaum putih mengetahui bahwa jika anda seorang mahasiswa kulit putih dari Nebraska – yang berlawanan dengan, katakanlah, seorang mahasiswa dari Arab Saudi – maka tidak ada seorangpun, dan memang bermaksud tidak ada yang akan berpikir bahwa hal itu penting untuk menahan dan menginterogasi anda atas terjadinya pemboman seperti yang terjadi di Boston Marathon.
Dan hak-hak istimewa kulit putih mengetahui bahwa jika bomber ini ternyata adalah orang kulit putih, pemerintah Amerika Serikat tidak akan membom apa pun seperti ladang jagung atau kota pegunungan atau pinggiran kota yang mengatakan ada pembom datang, dan hanya untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain seperti dia yang mendapatkan ide serupa. Dan jika ia ternyata adalah anggota Tentara Republik Irlandia, kita tidak akan membom Belfast. Dan jika dia ternyata seorang Italia Amerika beragama Katolik kita tidak akan membom Vatikan.
Singkatnya, keistimewaan kaum kulit putih adalah hal yang memungkinkan anda (jika anda orang kulit putih) – dan saya – untuk melihat kejadian tragis seperti ini hanya sebagai hal mengerikan, dan hanya dari perspektif korban yang tidak berdosa, daripada harus bertanya-tanya, dan melihat pada bahu seseorang, dan bahkan jika hanya memintanya dengan suara perlahan, apakah orang-orang yang kita lewati di jalan mungkin berpikir kita terlibat.
Ini adalah sumber keadaan tidak bersalahnya kita yang diterima dan menjadi penyebab penindasan yang dibenarkan atas orang lain.
Itu saja. Dan itu adalah penting. [rz/tomwise.com/htipress/syabab.com]

0 komentar:

Post a Comment