Sunday, January 20, 2013

Musa Abdul Ghani : Guru bukan pekerja namun pejuang

”Guru bukan saja penyampai materi pelajaran tetapi sebagai pembimbing, guru bukan pekerja namun guru adalah seorang pejuang”. ucap Musa abdul Ghani Anggota DPD I HTI Sumut dalam training terbatas Guru “Mendidik dengan Islam” di Hotel garuda Citra Medan, sabtu, 19/1/03. Hal itu disampaikan menanggapi maraknya guru yang harus ‘banting tulang’ mencari nafkah diluar profesinya. 

Selain itu musa juga menyatakan keprihatinannya terhadap mutu pendidikan serta kesejahteraan tenaga pengajar. Hal tersebut katanya seharusnya tidak terjadi jika pengaturannya dengan Islam. Ia mengambil contoh Pendidikan pada masa khilafah Islam Berjaya. Dimana Umar bin Khattab memberikan kepada guru gaji 15 dinar jika kini dikonversikan setrara Rp. 33.750.000,- “hal ini Sangat berbanding terbalik dengan nasib tenaga pengajar hari ini” tambahnya.  

Pada akhir materinya beliau menyampaikan,”Peran aktif guru untuk mewujudkan Peradaban Terbaik adalah dengan turut menyebarkan pemahaman Islam dan melakukan perubahan baik secara individu maupun bergerak secara komunitas dalam aktivitas politik untuk menegakkan sistem Islam bukan sekedar terlibat pemilu atau kontestan pilkada.

Dalam training yang dilaksanakan HTI Medan kota itu, hadir para guru dari beberapa sekolah di Medan Kota. Diantaranya Guru SMA Dwi Warna 2, SMA Negeri II, SMP Darma Putra, MAS TPI, SDIT Al- Ikhlas dan SMK Dwi Warna. Wallahuallam [ Muhkzihajj Sembiring ]

0 komentar:

Post a Comment